3 Faktor Penting dalam Meraih Kesuksesan

0
28

KESUKSESAN adalah hak setiap individu, itu artinya, Anda pun berhak untuk sukses dalam bidang apapun yang Anda tekuni.

Tetapi, kesuksesan itu tidak semudah membalik telapak tangan atau dapat dengan mudah diraih begitu saja, dibutuhkan perjuangan keras untuk mencapai semua itu.

Meskipun secara garis besar kesuksesan itu berarti mencapai posisi puncak pada bidang tertentu, namun terkadang setiap orang punya definisi berbeda tentang kesuksesan itu sendiri.

Artinya, kesuksesan tidak melulu harus berada dalam top-level, tergantung pada pencapaian yang ingin diraih tiap individu. Namun pada intinya, semua orang berhak untuk meraih kesuksesan, hanya saja ia mau atau tidak berjuang untuk menggapainya.

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor penting yang perlu Anda lakukan untuk meraih kesuksesan yang ingin Anda capai.

  1. Persiapan

Persiapan adalah hal penting untuk meraih kesuksesan, termasuk siap atau tidaknya seseorang untuk menerima keseuksesan itu sendiri.

Anda perlu ingat, kesuksesan itu tidak dapat diraih dalam semalam, tetapi akumulasi perjuangan kecil dari hari ke hari, yang pada akhirnya bermuara pada apa yang ingin Anda capai.

Sebelum Anda meraih kesuksesan, tentu saja Anda butuh persiapan yang matang dalam bidang yang Anda tekuni. Bentuk persiapan itu bisa berupa mengasah kemampuan, memperkaya keilmuan tentang apa yang Anda geluti, maupun persiapan mental untuk menghadapi segala rintangan.

Saat kesempatan besar datang pada Anda namun Anda belum siap, apa yang akan terjadi? Tentu hasilnya pasti mengecewakan.

Berbeda kalau Anda sudah memiliki kesiapan lahir batin, saat kesempatan datang, Anda sudah sangat siap menyambutnya dan hasil terbaik pasti akan Anda raih.

Jadi, jangan pernah lupakan langkah awal yang terkesan sepele ini untuk meraih kesuksesan.

  1. Kerja Keras dan Cerdas

Tiada hasil memuaskan yang bisa diraih tanpa perjuangan keras. Tetapi itu saja tidak cukup, Anda perlu bekerja keras yang dibarengi dengan kecerdasan.

Kalau cuma kerja keras yang menjadi tolak ukur kesuksesan, percayalah, “Kerbau” adalah hewan paling sukses di muka Bumi karena ia bekerja keras membantu petani membajak sawah. Nyatanya tidak demikian bukan?

Jika Anda bekerja keras secara membabi-buta tanpa strategi yang tepat, kemungkinan usaha Anda akan sia-sia karena tidak ada fokus yang ingin dicapai.

Tetapi kalau Anda memikirkan secara cermat langkah-langkah yang ingin diraih, tujuan Anda akan lebih terarah dan usaha yang Anda kerjakan akan jauh lebih ringan.

Selain itu, bekerja cerdas bisa membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, karena Anda dapat melakukan usaha keras tanpa hasil yang nihil.

Waktu Anda pun menjadi lebih banyak karena pemangkasan waktu yang sudah Anda buat. Waktu luang yang lebih banyak ini dapat Anda manfaatkan lagi untuk mengerjakan hal produktif lainnya.

Oleh karena itu, penting rasanya untuk bekerja keras, yang sekaligus dibarengi dengan kerja cerdas untuk hasil lebih cepat dan lebih baik.

  1. Tidak Takut Gagal dan Belajar dari Kegagalan

Ingat cerita Thomas Alva Edison tentang kegagalannya? Ia pernah gagal 1.000 kali saat menciptakan bola lampu. Namun apa yang terjadi? Hanya dibutuhkan satu keberhasilan saja untuk meraih kesuksesan!

Tidak cuma Thomas Alva Edison saja yang mengalami kegagalan, sutradara besar sekelas Steven Spielberg pun mengalami hal serupa. Ia pernah ditolak tiga kali untuk masuk sekolah film impiannya. Tapi apa yang terjadi? Ia malah berhasil mendapatkan Oscar berkali-kali, yang belum tentu orang sekolah film mampu meraihnya.

Yes, itulah yang perlu Anda lakukan, tidak pernah takut mencoba, tidak takut gagal, dan terus belajar dari kesalahan maupun kegagalan yang terjadi. Jangan sampai kegagalan itu menjadi batu sandungan untuk Anda bangkit lagi.

Ingat, Anda hanya butuh satu percobaan berhasil untuk meraih kesuksesan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here