5 Cara untuk Bangkit Dari Keterpurukan

0
28

SEBAGAI manusia normal, ada kalanya dalam hidup menghadapi beragam cobaan, salah satunya adalah keterpurukan atau kegagalan.

Jika dilihat secara mendalam, sesungguhnya keterpurukan maupun kegagalan dapat berubah menjadi kekuatan yang justru bisa menjadi senjata andalan. Asalkan, seseorang itu dapat melihat sesuatu secara lebih jernih dan mampu mengambil pelajaran atas apa yang telah terjadi.

Nah, kalau Anda sedang dalam keadaan terpuruk, berikut ini adalah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk bangkit dari keterpurukan, sekaligus menjadi orang yang lebih tangguh kedepannya. Apa saja? Simak penjelasannya!

Flashback Apa yang Telah Terjadi

Saat Anda dalam keadaan terpuruk, Anda tak bisa lama-lama bertahan dalam keadaan tersebut. Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah berdiam diri sejenak, lalu renungkan apa yang telah menimpa diri Anda.

Pikirkan apa yang salah atas kejadian lalu, sehingga Anda bisa memetik pelajaran dari kejadian malang tersebut. Selain itu, memetik pelajaran dari keterpurukan akan menjaga Anda agar tak melakukan hal yang sama dikemudian hari.

Namun, dalam tahap ini Anda tak perlu berlama-lama, cukup sadari apa yang terjadi, ambil hikmahnya, dan mulai langkah apa yang harus ditempuh selanjutnya.

Rehat Sejenak

Jika keterpurukan yang menimpa Anda begitu menguras energi dan pemikiran, tak ada salahnya untuk menenangkan diri atau istirahat dari aktivitas tersebut.

Dengan istirahat sejenak, itu dapat membuat tubuh Anda lebih rileks, sekaligus meredakan pikiran yang selama ini sudah membuat Anda kusut.

Dengan begitu, selanjutnya Anda akan punya cukup energi untuk melangkah, serta memiliki pemikiran yang lebih jernih karena telah membuat seluruh tubuh Anda rehat.

Selain beristirahat, Anda juga bisa menenangkan diri Anda dengan cara berlibur ke tempat yang Anda suka, atau menjalani hobi yang membuat Anda bahagia. Intinya adalah melakukan sesuatu yang jauh dari masalah dan membuat Anda bergairah kembali.

Motivasi Diri Sendiri

Ketika dua tahapan sebelumnya sudah Anda lalui, selanjutnya untuk bangkit dari keterpurukan Anda perlu memotivasi diri sendiri agar memiliki lebih banyak energi untuk bangkit.

Motivasi sangat tinggi kedudukannya dalam suatu tindakan. Oleh karena itu, dengan motivasi yang kuat untuk bangkit, Anda akan dapat berdiri lebih cepat, yang pada akhirnya akan mempersingkat waktu untuk mencapai tujuan.

Bangkitkan Rasa Percaya Diri

Saat Anda terjatuh, otomatis mental dan rasa percaya diri Anda akan berkurang, bahkan mungkin hancur lebur. Sepertinya itu hal yang wajar dan sangat manusiawi.

Namun, mau sampai kapan itu terjadi?

Untuk itu, Anda harus segera mengumpulkan kepercayaan diri Anda, dan yakin bahwa Anda mampu untuk mengatasi kegagalan dan mengubahnya menjadi kesuksesan yang luar biasa.

Jika ditanamkan keyakinan ini ditanam terus-menerus, yakinlah dalam waktu singkat Anda akan mampu bangkit dari keterpurukan.

Minta Bantuan Pada Yang Kuasa

Semua cobaan yang datang pada Anda, baik itu keberhasilan maupun keterpurukan, pada hakikatnya adalah cobaan dari Sang Maha Pencipta. Oleh karena itu, mau tidak mau, suka tidak suka, Anda wajib minta bantuan kepada Sang Pencipta.

Mintalah pertolongan agar Anda dikuatkan dari cobaan yang menimpa, sekaligus minta kemudahan agar Anda bisa bangkit kembali ke keadaan semula.

Bisa jadi selama ini Anda kurang dekat dengan-Nya, atau bahkan tidak pernah meminta, makanya Anda serasa tidak punya daya untuk bangkit.

Jika Anda sudah menerapkan cara-cara di atas, percayalah, semangat Anda akan terbakar kembali dan Anda punya banyak energi untuk bangkit dari keterpurukan. Karena, Anda pasti bisa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here