Ekonomi Lesu, Kelompok Masyarakat Ramai-Ramai Bantu Masyarakat

0
29


 

SOLO-Kondisi ekonomi yang lesu di berbagai sektor karena pandemi Covid-19 membuat masyarakat tidak mampu semakul terpukul. Kondisi tersebut membuat sejumlah pihak ramai-ramai meringankan beban mereka yang kekurangan secara ekonomi.

Tujuannya agar masyarakat tidak mampu tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Seperti dilakukan pendiri Diwa Center, Diah Warih Anjari. Wanita yang pernah mendaftarkan sebagai cawawali Solo itu meluncurkan gerakan Jumat berkah.

Gerakan itu membagikan 300 makanan siap saji kepada warga yang membutuhkan di sekitar Posko Diwa Center di Jl. Tentara Pelajar Nomor 108 Blok C Gilingan, setiap Jumat pagi. Makanan juga dibagika kepada warga sekitar tempat pemakaman umum.

“Kami sudah mulai Jumat kemarin [30/10/2020] dengan membagikan makanan kepada warga yang lewat di depan posko. Kegiatan ini akan kami rutinkan setiap Jumat pagi. Kami juga bagikan makanan untuk warga sekitar makam,” ujar dia, Senin (2/11/2020).

Menurut Diah Warih ada beberapa warga yang selama ini ikut andil menjaga kebersihan tempat pemakaman umum. Peran mereka dinilai perlu mendapat apresiasi. Namun sayangnya belum banyak pihak yang memberikan apresiasi kepada mereka.

“Untuk itu kami berbagi sedikit makanan kepada mereka. Mudah-mudahan bisa sedikit meringankan beban hidup saudara-saudara kita,” kata dia.

Selain bisa meringankan beban warga kurang mampu, gerakan itu untuk membantu para pedagang makanan.
Sebab dagangan mereka menjadi laku sehingga bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup. “Mudah-mudahan kami bisa istikomah menjalankan gerakan ini hingga kondisi pandemi Covid-19 berakhir, dan semakin banyak dermawan yang ikut andil,” urai dia.

Aksi serupa dilakukan komunitas Soltan Joker Solo raya, yang merupakan komunitas pemilik sepeda motor N-Max Series. Komunitas yang beranggotakan 70 orang itu membagikan 200 nasi bungkus dan satu boks masker untuk warga Mipitan, Mojosongo.Ketua Soltan Joker Solo Raya, Rudy Hidayat alias Alex Joker mengatakan kegiatan baksos dilakukan pada Sabtu (31/10/2020). Selain membagikan nasi bungkus dan masker, Soltan Joker juga menyumbang uang Rp5.170.000 untuk membangun musala.
“Uang tunai untuk membeli bahan bangunan dan biaya tukang. Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat Mipitan. Rencana kami kegiatan baksos akan kami gelar rutin untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini,” kata dia.(Kurniawan)

Sumber : https://m.solopos.com/bantu-warga-tak-mampu-diwa-center-solo-bagikan-ratusan-bungkus-makanan-gratis-tiap-jumat-1089843

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here